Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

05.48
Gila bekerja tidak hanya merusak kesehatan tetapi juga perangkat. Terutama anda yang seringkali betah di depan laptop atau komputer. Tentu hal ini akan mempengaruhi kinerja perangkat menjadi lebih keras dari biasanya. Akibat dari penggunaan terus menerus adalah laptop yang mudah panas. Lalu bagaimana tips mengatasi laptop cepat panas?

Laptop yang cepat panas memang tidak hanya karena penggunaan yang berlebihan. Tetapi juga karena penyebab lainnya. Jika tidak segera diatasi tentu akan membuat komponen mudah rusak. Lindungi laptop dari kerusakan dengan tips yang tersaji di bawah ini!

5 Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas
1. Atur Jadwal Pemakaian Laptop
Laptop bisa menjadi lebih cepat panas karena penggunaan yang terus menerus. Maka dari itu, tips mengatasi laptop cepat panas dengan mudah adalah mengatur penggunaannya. Gunakan mode sleep setiap empat jam penggunaan. Tetapi, perlu hati-hati karena penggunaan mode sleep yang terlalu lama bisa menyebabkan adanya kerusakan lainnya.

2. Efisienkan Penggunaan Software
Tips berikutnya adalah hindari penggunaan banyak software dalam satu waktu. Anda bisa menggunakan software yang dibutuhkan saja seperti misalnya software untuk pengolah kata dan tutup aplikasi yang lain. Penggunaan perangkat lunak yang lebih efisien akan memudahkan anda untuk mengosongkan memori juga.

3. Bersihkan Cooling Pad
Membersihkan cooling pad merupakan salah satu tips mengatasi laptop cepat panas. Tetappi, ketika membersihkannya juga harus lebih berhati-hati. Anda bisa menggunakan penyedot vakum mini untuk mengeluarkan debu. Tetapi jangan menggunakan alat peniup karena debu bisa masuk lebih dalam lagi.

4. Perhatikan Alas Laptop Anda
Penyebab laptop bisa cepat panas adalah karena alas yang digunakan. terutama di bantal, selimut, kasur atau benda yang bertesktur lunak lainnya. hal ini karena sirkulasi udara di bawah laptop menjadi terhambat. Tips mengatasi laptop cepat panas adalah gunakan meja lipat, buku tebal atau benda yang bisa menumpu laptop tanpa alas yang empuk.

5. Install Sistem Operasi yang Ringan
Beberapa sistem operasi yang ringan seperti linux memang dipercaya dan sudah banyak yang mengujinya. Mereka membutuhkan resource yang relatif lebih kecil untuk bisa beroperasi. Juga salah satu distro linux yang menjadi favorit adalah Lubuntu.

Dengan beberapa tips mengatasi laptop cepat panas ini anda tak perlu lagi khawatir akan perangkat kerja anda. Perhatikan apa yang boleh dan tidak dilakukan pada laptop. Terutama jika tidak ingin komponen di dalamnya menjadi rusak.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda